Tanaman apa yang sedang aku tanam dari benih? | Isi Kebun Kecilku



Kebunku nggak besar, bahkan mungkin ya nggak bisa dibilang kebun gitu. Soalnya memang cuma kumpulan pot-pot kecil aja di atas pagar tembok depan rumah, dan juga beberapa kutaruh di samping rumah. Maklum nggak punya lahan. Tp nggak punya lahan bukan berarti kita nggak bisa gardening kan?

Kali ini aku mau share apa aja yang sedang aku tanam dari benih di rumah. Bisa dibilang ini seperti update dari post-post sebelumnya. Update gambaran besar gitu. Nggak semua tanaman yang aku semai dan share di post sebelumnya itu survive. Banyak dari mereka mati di tengah jalan. Ya.. sedih sih. Tapi udah mulai terbiasa. Beberapa ada yang aku coba tanam lagi. Beberapa belum aku coba tanam lagi. Beberapa benih baru yang belum pernah aku share.

Yang penting nggak nyerah toh?

Tanam teruuuus haha

Kebanyakan yang mati itu tanaman herbs. Karena memang daerah Indonesia ini, terutama Jakarta yang panas, bukan tempat tinggal asal mereka yang sebenarnya. Tapi bukan nggak mungkin untuk ditanam di sini kok. Banyak yang udah coba dan berhasil, bahkan jadi nursery dan jualan tanaman herbs tersebut.

Biasanya alasan matinya kalau di aku itu:
- Kepanasan suhunya
- Rebah alias kena jamur damping off
- Kena hama
- Lupa siram terus akhirnya kering (ini cukup sering btw, soalnya sifat pemalasku sering kambuh haha)

Oiya, aku sharenya di Youtube ya. Soalnya aku lupa untuk foto gitu. Dan pas mau foto, kondisi udah berubah lagi. Ada beberapa yang udah aku transplant ke pot besar soalnya. Nontonya langsung di platform Youtube langsung aja ya, alias open in new tab gitu. Soalnya kalau di blog ini, size videonya tuh nggak bisa ngikutin size asli, jadi kepotong. Nggak enak dilihatnya. Cuma aku masih malas untuk cari tahu gimana cara resizenya hehe.

Oke ini dia videonya:



Yuk mari bertanam, bagaimana pun kondisinya, insyaAllah bisa. Sehat buat diri sendiri dan lingkungan pastinya.

"Start small", kalau kata partnerku.

Happy gardening~

Salam damai,

Bone

Popular Posts